ANALISIS CERPEN YANG BERJUDUL "SAHABATKU CINTAKU"

            Cerpen yang berjudul SAHABATKU CINTAKU yang di ambil dari majalah LENTERA SMA 1 Probolinggo terbitan tahun 2006 yang di tulis oleh Jack. Cerpen ini mengangkat tema tentang percintaan sepasang sahabat yang awalnya saling memendam rasa cinta mereka. Sampai-sampai Aga (SAHABAT Gia) berpacaran dengan adik kelasnya yang bernama Chintia, hanya untuk membuang jauh rasa cintanya dan hanya untuk pelarian cintanya saja. Sedangkan Gia, dia juga memendam perasaannya. Walaupun rasa cemburu selalu dia rasakan ketika Aga bersama Chintia, dia tetappeduli pada sahabatnya. Itu dibuktikan pada paragraf 8 kalimat ke 2 yang berisi, "Aga, pacarmu kok nggak pernah kelihatan....? kamu tuh niat pacaran nggak sih...! kan kasihan..., pacar kamu sendirian terus. Sana gih pergi anterin pulang!" perintah Gia, walau dalam hati kecilnya ia ingin tetap bersama Aga. Dari kalimat itu, dia tidak egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri, tapi dia masih peduli dengan hubungan sahabatnya (Aga) dengan Chintia.
             Cerita pendek ini dirangkai dan dijalin dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca. Berawal dari suara bel istirahat di sebuah sekolah SMA yang membuat semua siswa di sekolah itu berhamburan keluar, kecuali Gia yang berada di salah satu sudut kelas IPA3 yang sedang duduk menyendiri. Sampai dia tak menyadari kedatangan Aga, sahabatnya yang tiba-tiba sudah duduk di depannya.
             Dengan menampilkan jalan cerita yang mengarah kedepan atau alur maju, cerita pendek ini, begitu menarik karena ceritanya tidak jauh berbeda dengan kondisi percintaan remaja saat ini. Dengan setting di sebuah kota, latar tempatnya di sekolah, pantai, pinggir jalan, cafe minuman, pusat perbelanjaan atau mall, dan kolam renang. Dengan latar waktu istirahat malam minggu pulang sekolah dan malam hari.
             Cerpen ini menampilkan konflik batin pada tokoh utama yang merasa cemburu karena sahabatnya, Aga berpacaran dengan adik kelasnya. Tokoh utama pada cerita pendek ini berwatak suka menyendiri, marah beralasan, dan suka memendam perasaan yang ia rasakan pada Aga yaitu Agthia Lebita atau Gia. Dengan tokoh laki-laki yang berwatak suka ge-er, polos, dan sama seperti Gia, suka memendam perasaan, yaitu Aga. Dengan tokoh sampingan diantaranya Chintia, kenek angkot, dan Laki-laki yang bersama Chintia di mall. Pengarang dalam cerpen ini menempatkan orng pertama sebagai pelaku utama.

0 komentar:

Poskan Komentar